Bisnis Kecil

Usaha bisnis kecil saat ini sedang banyak digandrungi. Dalam kondisi keadaan ekonomi Indonesia yang serba sulit, pilihan untuk berwirausaha nampaknya lebih menjanjikan ketimbang  terus menunggu lowongan kerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS).
Membuka usaha sendiri, selain tak perlu tes dan persaingan ekstra ketat untuk memperebutkan posisi, juga bisa dimulai dengan usaha kategori kecil yang juga bermodal kecil.
Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) memang memberikan kepastian ekonomi karena setiap bulannya mendapatkan gaji yang fixed (tetap). Sedangkan membuka bisnis usaha kecil sangat tergantung dari seberapa besar usaha dan upaya yang dilakukan untuk mengumpulkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
Namun, meski demikian, potensi untuk mendapatkan keuntungan (income) seorang pebisnis bisa lebih besar dibandingkan dengan pegawai sipil pemerintahan.
Ilustrasi
Sebagai ilustrasi kecil saja, sekarang Anda akan coba membandingkan pendapatan seorang pegawai negeri yang katakanlah mendapatkan gaji Rp. 1,5 juta per bulannya dengan seseorang yang membuka lapak pecel ayam yang katakanlah rata-rata mampu mendapatkan omzet Rp. 500 ribu per malamnya (berdasarkan kisah nyata). 
Jika si pegawai negeri tersebut mendapatkan income yang konstan dari gajinya, yakni Rp 1,5 juta, sedangkan bagi si pedagang pecel ayam uang Rp 1,5 juta bisa ia peroleh hanya dalam waktu 3 hari saja. Memang masih kotor pendapatan si tukang pecel ayam itu, namun kalau dihitung-hitung tetap lebih besar daripada si pegawai tadi.

Persoalannya adalah banyak di antara masyarakat Indonesia yang masih menjaga gengsinya untuk memulai bisnis usaha kecil. Apalagi yang telah bertitel sarjana. Padahal jika dipikir, Anda hidup tak makan titel. Tetap saja makan nasi dari hasil keringat Anda membanting tulang bekerja setiap hari.

Memulai Bisnis
Sebelum memulai bisnis kecil, tanyakan dulu kepada diri Anda pribadi apakah sudah benar-benar siap dan berkomitmen penuh untuk memulai bisnis? Jika masih ragu, maka jangan dulu Anda berbisnis. Namun, apabila di hati sudah mantap, jalan bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang tiada terkira dari bisnis kecil Anda akan segera dirasakan.
Mungkin Anda bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, bisa membelikan susu bagi anak Anda yang baru saja dilahirkan, dan berita gembiranya mungkin juga Anda sudah mulai mampu untuk menyicil rumah.

Satu yang terpenting, dalam setiap aktivitas bisnis, peranan marketing merupakan suatu hal yang sangat vital. Oleh karenanya, untuk belajar bagaimana Anda menjadi marketer yang unggul untuk setiap produk yang akan Anda buat, AsianBrain.com bisa menjadi solusi terbaik untuk belajar bagaimana memasarkan produk secara online maupun offline.
Akan banyak keuntungan apabila Anda belajar di AsianBrain.com karena biayanya murah namun fasilitas belajarnya yang maksimal.

Di samping itu, untuk memulai setiap bisnis Anda harus mempunyai jurus ampuh yang diantaranya akan dijabarkan sebagai berikut:
  • Sabar, ulet, dan rajin. Seorang pebisnis ibarat petarung yang senantiasa dihadapkan pada situasi menantang. Akan banyak sekali rintangan dan
    halangan yang akan menyerang bisnis Anda.

    Nah, disitulah Anda akan benar-benar diuji tingkat kesabaran, keuletan dan kerajinan dalam meng-handle setiap hal yang berusaha menggoyang bisnis.
  • Pantang menyerah dan tak pernah putus asa. Berbisnis itu ibarat Anda sedang berlayar di samudera luas, akan banyak sekali badai dan topan yang kapan saja bisa menghantam layar kesuksesan Anda.

    Jika Anda mampu seperti Marcopolo yang mampu mendaratkan perahu bisnis Anda ke daratan sukses, maka itu merupakan pencapaian yang luar biasa.
  • Konsisten. Seorang senior saya yang berbisnis di bidang perbukuan pernah mengatakan: “trik bisnis terbaik adalah, ya berbisnis sesuai dengan apa yang disukai dan dalami. Betapapun kegagalan itu akan menghampiri, maka jalan satu-satunya adalah menghadapinya dengan tidak ada sedikit pun perasaan untuk beralih ke bisnis lain”.

    Perlu dicamkan karena banyak benarnya juga ungkapan senior saya itu, paling tidak ia sudah mampu bisnisnya menyaingi raksasa penerbit Indonesia, Gramedia lewat bendera Kelompok Agro Medianya.
  • Inovasi. Iya, bisnis tanpa inovasi laiknya istri yang tak bisa merias diri. Akan selalu tampil konvensional, menjenuhkan, bahkan membosankan. Jika bisnis Anda tanpa inovasi, jangan harap akan bertahan lama karena pesaing-pesaing Anda setiap saat akan melahap tanpa ampun.
  • Bersenang-senanglah dengan bisnis Anda. Maksudnya, jangan sampai Anda membuka bisnis hanya dengan modal keterpaksaan, tanpa ada happy atau hasrat yang bisa menjiwai bisnis Anda.

    Jangan karena Anda melihat orang lain yang sukses dengan bisnis A-nya, lantas Anda dengan menyederhanakan masalah mengikuti bisnis A tersebut walau Anda tidak mempunyai kompetensi di sana. Karena jika begitu, apa yang akan terjadi? Anda akan cepat bosan dan tak serius dengan bisnis tersebut.
Terkahir, apapun bisnis usaha kecil yang akan dijalankan, Anda harus siap dengan berbagai konsekuensinya dan sabar dalam menjalaninya.

0 Komentar anda: